Manfaat Kebugaran Jasmani dalam Kehidupan

Posted by Unknown

Manfaat kebugaran jasmani , kebugaran jasmani adalah kemampuan dan ketahanan tubuh untuk melakukan kerja dan beraktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan atau signifikan. Manfaat kebugaran jasmani secara umum adalah untuk meningkatkan kemampuan tubuh agar tidak mudah lelah dalam melakukan suatu aktivitas. Dalam kebugaran jasmani terdapat 3 unsur pokok yaitu unsur kerja , unsur tubuh , dan unsur sehat. Sedangkan beberapa unsur lainnya adalah unsur kecepatan, daya ledak , kekuatan , kegesitan , dan kelenturan.

Untuk meningkatkan kebugaran jasmani , bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu
Latihan Kelincahan          : shuttle run
Latihan Kecepatan           : sprint , up hill
Latihan Daya Ledak         : high pull , shoulder shurgh
Latihan Kekuatan Otot     : push up , pull up , squat



Manfaat Kebugaran Jasmani

Manfaat Kebugaran Jasmani


Memperlancar sirkulasi darah
Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani , maka sirkulasi darah akah menjadi lebih lancar dibanding orang yang tidak melakukan latihan kebugaran.

Meningkatkan fungsi kerja jantung
Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani , kerja jantung akan dipicu dan distimulasi secara perlahan sehingga kerja jantung akan menjadi lebih maksimal. Hal ini juga akan mengakibatkan lancarnya peredaran darah.

Meningkatkan stamina
Dengan meningkatnya fungsi kerja jantung , maka stamina seseorang secara otomatis juga akan meningkat.

Memperkuat daya tahan tubuh sehingga lebih energik
Dengan meningkatnya fungsi kerja jantung , seseorang akan menjadi lebih energik. Hal ini disebabkan karena kerja jantung yang maksimal akan memperlancar sirkulasi darah sehingga setiap orang tubuh akan tersuplai kebutuhannya sehingga akan menjadi energik dan tidak mudah lelah.

Meningkatkan kemampuan regenerasi sel
Dengan melakukan latihan kebugaran , sel - sel yang rusak akan lebih cepat dirombak dan diganti dengan sel - sel baru.

Meningkatkan mood
Dengan berolah raga , tubuh akan menghasilkan hormon di mana hormon ini bisa menstimulasi kita menjadi senang dan fit.

Kebugaran jasmani tiap orang tentunya berbeda - beda. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yaitu :

Faktor keturunan atau gen
Perbedaan garis keturunan akan menyebabkan kebugaran seseorang berbeda - beda karena tiap keturunan memiliki struktur gen yang berbeda - beda.

Faktor usia
Perbedaan usia akan mempengaruhi kebugaran seseorang. Orang yang sudah tua memiliki kebugaran yang lebih rendah dibanding orang yang masih muda. Hal ini disebabkan karena fungsi kerja tubuh orang tua sudah banyak berkurang ketika masih muda.

Faktor jenis kelamin
Perbedaan jenis kelamin akan menyebabkan kebugaran seseorang berbeda - beda. Kebugaran pria biasanya lebih tinggi karena biasanya pria lebih sering beraktivitas daripada wanita.

Faktor kegiatan fisik
Perbedan kegiatan fisik akan mempengaruhi kebugaran seseorang. Orang yang melakukan banyak aktivitas akan lebih bugar daripada orang yang tidak beraktivitas.

Faktor kebiasaan yang tidak baik
Orang yang memiliki kebiasaan tidak baik memiliki tingkat kebugaran yang rendah. Contoh kebiasaan tidak baik itu adalah merokok.

Sekian artikel mengenai manfaat kebugaran jasmani.


Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 11:25