Fungsi Pancasila Bagi Indonesia

Posted by Unknown

Fungsi pancasila , Pancasila adalah lambang , simbol , dan semangat hidup Bangsa Indonesia. Fungsi pancasila yang sebenarnya adalah sebagai dasar negara. Hal ini berarti pancasila juga menjadi sumber hukum serta dasar penyelenggaraan Negara Republik Indonesia. Berikut adalah  uraian fungsi pancasila adalah :

Fungsi Pancasila


Fungsi Pancasila


1.Pancasila Menjadi Cara Pandang  Bangsa
Pancasila sebagai cara pandang bangsa berfungsi agar Bangsa Indonesia harus berpedoman pada Pancasila dalam kehidupan sehari - hari . Segala bentuk budaya dan cita - cita moral Indonesia harus bersumber dari Pancasila. Hal ini dilakukan demi tercapainya kesejahteraan lahir dan batin.

2.Pancasila Menjadi Jiwa Bangsa
Pancasila sebagai jiwa bangsa berfungsi agar Indonesia tetap hidup dalam Jiwa Pancasila .Setiap bangsa dan negara tentu memiliki jiwa. Dalam hal ini , Pancasila menjadi jiwa Bangsa Indonesia. Pancasila sendiri telah ada sejak Bangsa Indonesia lahir yaitu sejak proklamasi kemerdekaan.

3.Pancasila Menjadi Kepribadian Bangsa
Pancasila sebagai pribadi Bangsa Indonesia memiliki fungsi yaitu sebagai hal yang memberikan corak khas Bangsa Indonesia dan menjadi pembeda yang membedakan bangsa kita dengan bangsa yang lain.

4.Pancasila Menjadi Perjanjian Luhur
Pancasila sebagai perjanjian luhur telah berfungsi dan disepakati melalui sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus 1945. Walaupun disahkannya Pancasila hanya oleh PPKI , PPKI sebenarnya hanyalah suatu badan yang mewakili suara rakyat. Jadi pancasila merupakan hasil perjanjian bersama rakyat.

5.Pancasila Menjadi Sumber Hukum
Pancasila sebagai sumber hukum berfungsi untuk mengatur segala hukum yang berlaku di Indonesia. Semua hukum harus tunduk dan bersumber dari Pancasila. Setiap hukum tidak boleh bertentangan dengan pancasila. Setiap sila - sila di pancasila adalah nilai dasarnya sedangkan hukum - hukum adalah nilai instrumental ( penjabaran dari nilai dasar ).

6.Pancasila Menjadi Cita - Cita Bangsa
Pancasila sebagai cita - cita bangsa memiliki fungsi yaitu untuk menciptkan masyarakat yang adil dan makmur.

7.Pancasila Menjadi Falsafah Hidup Bangsa
Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa berfungsi untuk mempersatukan Bangsa Indonesia. Pancasila dianggap memiliki nilai yang paling benar , adil , dan bijaksana yang diharap dapat mempersatukan bangsa.

8.Pancasila Menjadi Dasar Negara
Pancasila sebagai dasar negara memiliki fungsi sebagai pengatur segala sesuatu kehidupan Indonesia seperti rakyat , wilayah , dan pemerintah. Selain itu pancasila juga menjadi penyelenggaraan negara dan kehidupan negara.

9.Pancasila Menjadi Ideologi Bangsa
Pancasila sebagai ideologi memiliki fungsi yaitu menjadi cara berpikir Bangsa Indonesia. Pancasila menjadi bahan renungan dalam kehidupan sehari - hari.

Sekian artikel mengenai fungsi pancasila.
Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 19:02