Contoh Surat Tidak Resmi

Posted by Unknown

Contoh surat tidak resmi , surat tidak resmi adalah salah satu jenis surat yang bersifat tidak formal. Contoh surat tidak resmi adalah surat untuk teman. Pada dasarnya , surat dibagi menjadi dua yaitu surat resmi dan tidak resmi. Surat resmi memiliki ciri menggunakan bahasa yang formal , terdapat kop surat. Sedangkan ciri surat tidak resmi adalah kebalikannya , yaitu memakai bahasa tidak formal atau bahasa sehari - hari dan tidak ada kop surat.

Surat tidak resmi memiliki fungsi untuk berkomunikasi antar orang secara informal. Bahasa yang digunakan pun tidak perlu menggunakan bahasa baku. Meskipun namanya adalah surat tidak resmi , surat tidak resmi tetap memiliki bagian - bagian yaitu tempat tanggal penulisan surat , orang yang dituju , pembuka , isi , penutup , tanda tangan , dan nama pengirim. Dengan surat tidak resmi , bisa menghubungkan orang yang ingin berkomunikasi dari tempat yang jauh. Berikut adalah


Contoh Surat Tidak Resmi

Contoh Surat Tidak Resmi


Banjarmasin, 25 April 2015

Untuk sahabatku Mario
di Surabaya

Assalamu 'alaikum

Mario , apa kabar ? Aku harap kamu sehat - sehat saja di sana. Sudah terlalu lama kiat tidak bertemu membuat aku sangat kangen terhadap kamu Mar. Aku sangat senang bisa mengirim secupuk surat ini ke kamu.

Mar , bagaimana dengan pelajaran di sekolahmu ?  Katanya sekolahmu memiliki tingkat pelajar yang sangat susah ya ? Apakah kamu senantiasa mendapat nilai bagus di sana ? Aku berharap kamu mendapat nilai yang bagus dan menjadi anak pintar di sana. Oh ya setelah ini kan kita akan menghadapi UN , bagaimana dengan persiapanmu ? Apakah kamu mengikuti kursus - kursus tertentu untuk Ujian Nasional nanti ? Aku sebenarnya ingin ikut kursus namun aku belum tahu ingin ikut kursus di mana karena banyak kursus untuk persiapan Ujian Nasional yang bagus - bagus. Aku menjadi bingung aku harus memilih yang mana.

Oh ya Mar , dengar - dengar kamu 2 bulan lagi libur ya ? Apa kamu sudah merencanakan jadwal liburan? Kalau belum kamu bisa datang ke rumahku. Kita bisa bermain berbagai mainan dan melakukan banyak hal yang seru. Jika kamu bersedia kabari aku yah

Sekian dulu ya surat dariku untuk dirimu. Hari sudah larut malam dan saatnya untuk tidur. Aku berharap kamu bisa membalasnya dengan cepat ya. Sampai jumpa lagi di lain waktu.

Wassalamu 'alaikum

Sahabatmu
< Tanda Tangan >
Fransiskus William

Sekian artikel mengentai contoh surat tidak resmi.

Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 20:08