Contoh Seni Rupa Terapan

Posted by stephanus laimena

Contoh seni rupa terapan , seni rupa terapan adalah jenis karya seni yang dipakai dalam kehidupan sehari - hari yang memiliki fungsi dan nilai seni. Contoh seni rupa terapan adalah arsitektur bangunan , rumah adat , poster , pakaian tradisional , senjata tradisional , dan transportasi tradisional , serta batik. Pada seni rupa terapan , unsur nilai fungsi lebih menonjol dan diperhatikan daripada nilai seni.

Contoh Seni Rupa Terapan


Contoh Seni Rupa Terapan


Arsitektur Bangunan

Arsitektur bangunan adalah salah satu karya seni rupa terapan. Salah satu contoh dari arsitektur bangunan adalah candi borobudur. Candi ini menonjolkan fungsi religiusnya. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan beragama Budha. Selain sebagai fungsi religius , candi ini juga menjadi tempat wisata di Indonesia yang pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia.

Rumah Adat

Rumah Adat adalah salah satu seni rupa terapan berupa bangunan yang memiliki banyak jenis bentuk. Struktur rumah adat mengikuti corak khas dan kebudayaan tiap daerah. Tiap daerah tentu memiliki rumah adat yang berbeda - beda. Rumah Adat ini berfungsi sebagai tempat tinggal bagi rakyat pada zaman dahulu sebelum terjadi globalisasi.

Poster

Poster merupakan salah satu karya seni rupa terapan pada desain grafis yang terdiri dari gambar dan hurus di kertas. Biasanya poster ini ditempel pada dinding atau papan dengan guna untuk menarik perhatian masyarakat. Dalam menarik perhatian , poster biasanya menggunakan jenis huruf yang unik dan warna - warna yang menarik serta gambar yang indah. Biasanya poster berisi tentang iklan atau sebuah ajakan.

Pakaian Tradisional

Pakaian Tradisional merupakan salah satu karya seni rupa terapan di bidang busana. Pakaian tradisional ini memiliki fungsi untuk menutupi tubuh dan memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Masing - masing daerah memiliki pakaian tradisional yang berbeda - beda. Setiap pakaian tradisional memiliki bagian yang berbeda - beda dan corak khas sendiri sesuai kebudayaan daerah. Biasanya pengaplikasian pakaian tradisional ini adalah digunakan saat menikah secara tradisional.

Senjata Tradisional

Senjata Tradisional adalah seni rupa terapan yang memiliki fungsi berbeda. Fungsi pada masa lalu digunakan untuk bertempur antar kerajaan. Sedangkan sekarang , senajta tradisional berfungsi untuk pelengkap pada upacara adat , pertunjukan seni , benda hias , bahkan untuk bekerja. Senjata tradisional juga memiliki nilai seni karena bentuknya yang unik.

Transportasi Tradisional

Transportasi tradisional adalah seni rupa terapan yang memiliki fungsi sebagai alat transportasi. Berbeda dengan mobil dan kendaraan modern lainnya , transportasi tradisional memiliki nilai seni karena bentuknya yang unik dan sederhana. Contoh dari transportasi tradisional adalah becak , perahu , delman , dan pedati.

Batik

Batik adalah salah satu karya seni rupa terapan yang sangat populer di Indonesia bahkan bisa sampai go iternasional. Batik ini memiliki nilai fungsi dan seni yang seimbang. Nilai fungsinya adalah sebagai pakaian. Sedangkan nilai seninya terdapat pada setiap ukiran - ukiran yang ada di baju batik. Sekarang , batik sering digunakan dalam kehidupan sehari - hari yaitu pakaian untuk menghadiri acara - acara formal atau untuk bekerja.


Sekian artikel mengenai contoh seni rupa terapan.
Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 15:44