Macam Macam Ideologi di Dunia

Posted by Unknown

Macam - macam ideologi , Ideologi adalah suatu kumpulan ide , pemikiran , dan gagasan. Macam - macam ideologi ada 9 yaitu ideologi pancasila , ideologi liberalisme , ideologi komunisme , ideologi fasisme , ideologi nasionalisme , ideologi sosialisme , ideologi konservatisme , ideologi kapitalisme , ideologi marxisme Sedangkan Indonesia sendiri menganut ideologi pancasila.

Macam Macam Ideologi

Macam Macam Ideologi

Ideologi Pancasila
Ideologi Pancasila adalah ideologi yang dianut oleh Indonesia dengan tujuan agar semua bidang kehidupan baik dalam pemerintahan atau kenegaraan harus bersumber dan dilandasi oleh semangat pancasila. Ideologi Pancasila memiliki 5 keutamaan yaitu KeTuhanan Yang Maha Esa , kemanusiaan yang adil dan beradab , persatuan Indonesia , kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan , dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Nilai yang dimiliki oleh ideologi pancasila harus dijadikan tujuan dan cita - cita yang akan dicapai dan dijadikan sebagai cara pemersatu bangsa. Negara yang menganut ideologi ini adalah Indonesia.

Ideologi Liberalisme
Ideologi Liberalisme berarti bebas , merdeka , dan tidak tergantung. Ada tiga unsur utama ideologi liberalisme yaitu unsur kehidupan , kebebasan , dan hak miliki. Dalam ideologi Liberalisme , yang dipentingkan adalah kebebasan setiap orang. Keberadaan individu sangatlah penting karena individu adalah mahluk yang bebas dengan pribadi yang utuh dan lengkap. Negara yang menganut ideologi liberalisme aadlah Amerika Serikat , Hong Kong , Singapura , Jepang.

Ideologi Komunisme
Ideologi Komunisme adalah ideologi yang mementingkan individu pemilik dan menyampingkan kasta buruh. Semua hal yang ada di negara dikuasai oleh negara. Ideologi komunisme ini muncul sebagai hasil dari ideologi kapitalisme. Ideologi ini memiliki ciri ateisme yaitu tidak percaya terhadap Tuhan , dogmatisme , tidak percaya pikiran orang lain , tidak mengakui hak asasi manusia , dan ekonomi yang dikuasai oleh negara. Negara yang menganut ideologi komunisme adalah Korea Utara dan Tiongkok.

Ideologi Fasisme
Ideologi Fasisme adalah suatu ideologi yang menjalankan gerakan politik penindasan. Fasisme melawan kaidah moral dan memiliki budaya yang rasis. Ideologi fasisme memiliki ciri rasialisme , cara berpikir dibatasi , menganggap kritik sebagai kejahatan , politik menguasai dunia untuk kepentingan pribadi. Contoh negara yang menganut ideologi fasisme adalah Italia.

Ideologi Nasionalisme
Ideologi nasionalisme adalah ideologi yang meninggikan derajad bangsa , cinta terhadap tanah air. Negara yang menganut ideologi ini berusaha mempertahankan kedaulatannya dan mewujudkan nasionalisme dalam menciptakan otonomi , kesatuan , dan identitas negaranya.

Ideologi Sosialisme
Ideologi Sosialisme adalah ideologi yang mementingkan masyarakatnya. Masyarakat berhak menguasai sarana - sarana produksi dan mendapat hasil produksi secara merata. Negara yang menganut ideologi ini adalah negara di Eropa Barat dan Kuba serta Venezuela.

Ideologi Konservatisme
Ideologi konservatisme adalah ideologi yang mempertahankan stabilitas sosial , tradisi , melestarikan budaya , dan melarang perubahan yang sangat signifikan.Ideologi ini menghendaki perubahan yang hanya setapak demi setapak. Kehidupan masyarakatnya tertata dan masyarakat yang lemah dibantu oleh pemerintah. Negara yang mengaut ideologi konservatisme adalah Inggris , Kanada , Bulgaria , Swedia , dan Belanda.

Ideologi Kapitalisme
Ideologi kapitalisme adalah ideologi yang mengusahakan pemilik modal dapat menjalankan usahanya untuk mendapat keuntungan yang besar. Ideologi ini mengutamakan pemilik modal , persaingan bebas. Dalam ideologi ini yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Setiap orang selalu berkompetisi dan mendahulukan hak milik pribadinya.Negara yang menganut ideologi ini adalah Portugis , Spanyol , Perancis.

Ideologi Marxisme
Ideologi Marxisme adalah ideologi yang berisi operasional kehidupan bermasyarakat , berbangsa , dan bernegara. Norma - norma yang ada harus ditaati dan dipathui dalam ideologi ini. Sejarah merupakan hal yang harus dipelajari. Contoh negara yang menganut ideologi marxisme adalah Portugal.

Sekian artikel mengenai macam – macam ideologi.


Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 15:05