Pengertian Dasar Negara

Posted by Unknown

Pengertian Dasar Negara akan dibahas lebih lanjut disini. Seperti yang kita ktahui dasar negara negara ini adalah Pancasila oleh karena itu dalam mempelajari Pancasila kita harus tahu bagaimana peran dan fungsi Pancasila. Salah satu peran dan fungsi Pancasila yang utama ialah sebagai Dasar Negara

Pengertian Dasar Negara adalah Dasar dari sebuah Negara dimana bersifat fundamental yang kokoh dan menjadi pandangan hidup suatu negara . Dasar negara bisa juga diartikan sebagai landasan kehidupan bernegara, segala sesuatu dalam negara tersebut hendaklah berdasarkan dengan dasar negara.

Pengertian Dasar Negara
Dasar Negara juga bisa diartikan pegangan hidup dan parameter menentukan pilihan dalam bernegara. Seperti dalam menyaring budaya asing yang masuk kita harus memegang teguh dasar negara kita Pancasila untuk memfilter kebudayaan mana yang cocok dan mana yang kurang cocok. Pancasila  juga dijadikan dasar dalam memtukan berbagai peraturan yang berlaku. Disini peran Dasar negara sangat vital karena mempengarhui keputusan dan hajat hidup orang banyak.

Tentu saja dasar negara disini tujuannya membawa negara tersebut mencapai cita cita negara. Tiap negara punya cita cita . Oleh karena itu dasar negara dipakai sebagai pegangan agar bisa mencapai cita cita tersebut.


Dapat disimpulkan kalau Dasar Negara adalah landasan hidup suatu negara yang merupakan pandangan hidup negara tersebut untuk mencapai cita citanya. 

Demikian adalah Pengertian Dasar Negara
Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 17:34