Kegunaan dan Manfaat Minyak Bumi

Posted by Unknown


Kegunaan dan Manfaat Minyak Bumi dalam kehidupan sehari hari bisa anda temukan disini. Sebelum membahas lebih jauh artikel ini adalah sambungan dari artikel "Asal Usul Minyak Bumi". Minyak Bumi dewasa ini sangat berperan dalam aktivitas kita sehari hari. Ini disebebkan karena manfaat dan kegunaannya yang banyak.

Minyak Bumi adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.(Wikipedia-Minyak Bumi).  Dari pengertian diatas kita bisa bayangkan bagaimana pentingnya minyak bumi dalam hidup kita di era modern ini. Masih banyak alat transportasi yang sumber energinya minyak bumi.

Kegunaan dan Manfaat Minyak Bumi


Kegunaan dan Manfaat Minyak Bumi

1. Bensin

Bensin yang merupakan bahan bakar kendaraan bermotor dibuat dari minyak bumi. Melewati proses distalasi yang memisahkan hidrokarbon pada minyak bumi. Karena merupakan campuran dari beberapa bahan yang tentu saja membuat kualitas bensin berbeda beda. Penentuan kualitas bensin ditentukan berdasarkan daya bakar yang bisa dihasilkan. Daya bakar ini sangat erat kaitannya dengan oktan.

2.Gas Alam


Apakah dirumah kamu memasak dengan bahan bakar Gas Alam atau lebih umum disebut LPG?? Sudah banyak sekali orang yang menggunakan LPG sebagai bahan bakar saat memasak. ternyata LOG atau Gas Alam ini berasal dari minyak bumi juga. Bahan utamanya biasa bisa didapartkan di daerah yang mengeksplor minyak bumi. Setelah melewat proses distalasi kita bisa menggunakannya untuk keperluan sehari hari

3. Lilin


Lilin yang biasa kita  jumpai ternyata berbahan baku minyak bumi juga. Lilin setelah abad ke 19 sudah tidak menggunakan lemak sapi lagi. Kegunaan lilin setelah ditemukannya lampu ialah sebagai upacara agama dan juga perayaan ulang tahun.


4.Aspal


Kalau kegunaan yang satu ini sangatlah vital. Semua kendaraan tentu saja butuh aspal sebagai bahan baku pembuatan jalan. Aspal berasal dari minyak hitam atau minyak bumi. 


5.Solar,Kerosin,Nafta,Pelumas


Selain 4 manfaat dan kegunaan diatas Minyak Bumi juga sangat berguna untuk pembuatan Solar(bahan bakar bermotor), Kerosin(minyak tanah), Nafta(pelarut) dan pelumas(mengurangi gesekan).


Itulah 5 kegunaan dan Manfaat dari Minyak Bumi. 
Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 10:54