Asal Usul Minyak Bumi

Posted by Unknown



Asal Usul Minyak Bumi cukup menarik untuk dibahas. Minyak Bumi dewasa ini menjadi salah satu bahan baku yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas karena kegunaanya sangatlah banyak. Tapi masih banyak dari kita tidak tahu asal usul miyak bumi sendiri dari mana asal minyak bumi itu.

Oleh karena itu bagi yang ingin tahu lebih dalam akan saya bahas asal usul dari minyak bumi secara lebih detail dan saya usahakan menggunakan kata kata yang mudah dipahami.

Asal Usul Minyak Bumi

Proses asal usul minyak bumi akan dijelaskan seperti jalan cerita dari awal hingga ia terbentuk seilahkan disimak
Asal Usul Minyak Bumi

1. Bebatuan Asal (Sourcerock)

Batuan secara geologis memungkinkan terjadinya pembentukan minyak dan gas bumi. Saya membaca di salah satu sumber bahwa batuan asal itu adalah batuan karbonat yang berasal dari zat-zat organic yang terendapkan oleh batuan sedimen. Contoh dari batuan source rock adalah batu gamping


2.Perpindahan Hidrokarbon


Pada proses selanjutnya terjadi perpindahan dari bebatuan asal menuju ke bebatuan reservoir . Kebanyakan dari bebatuan reservior memiliki pori yang ukurannya cukup untuk menampung hidrokarbon dari perpindahan tersebut. 

3. Terjebaknya Hidrokarbon

Struktur geologis kulit bumi yang tidak teratur bentuknya yang diakibat pergerakan dari bumi sendiri (misalnya gempa bumi dan erupsi gunung api) dan erosi oleh air dan angin secara terus menerus, akan menciptakan suatu “ruangan” bawah tanah. Di "ruangan" inilah akan menjadi jebakan hidrokarbon. Kalau jebakan ini dilingkupi oleh lapisan yang impermeable, maka hidrokarbon tadi akan diam di tempat dan tidak bisa bergerak kemana-mana lagi. 


4.Pembentukan Hidrokarbon 


Temperatur bawah tanah, yang semakin dalam semakin tinggi,punya peran penting dalam pembentukan hidrokarbon. Hidrokarbon kebanyakan ditemukan pada suhu tertentu (107-177 celcius).


Mungkin anda bisa menemukan asal usul minyak bumi di web lain tapi saya yakin membaca di artikel ini akan memudahkan anda untuk paham karena bahasa yang saya gunakan lebih familiar. Sekian tentang Asal Usul Minyak Bumi


Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 02:30