Contoh Batuan Beku

Posted by Unknown

Contoh Batuan Beku - Batuan beku akan menjadi topik selanjutnya. Sebelum berangkat lebih jauh tentang batuan beku  saya akan beri sekilas pengertian batuan beku.

Batuan Beku adalah salah satu jenis batuan yang terbentuk karena terjadinya pembekuan magma.


Contoh Batuan Beku

Contoh Batuan Beku

Granit


Granit adalah salah satu contoh batuan beku yang berasal dari magma yang membeku saat belum keluar sampai ke permukaan bumi.

 Ciri dari batuan granit adalah berwarna abu-abu kemerahan hingga kehijauan, berbutir kasar dengan komposisi mineral feldspar, kuarsa, hornblende dan biotit.

Fungsi Batuan Granit : pengeras jalan, pondasi, galangan kapal, dan bahan pemoles lantai, serta pelapis dinding.



Granodiorit


Granodiorit adalah salah satu contoh batuan beku yang berasal dari magma yang membeku saat belum keluar sampai ke permukaan bumi.

Cirri batuan Granodiorit adalah mineralnya berbutir kasar hingga sedang, berwarna terang, menyerupai granit.

Fungsi Batuan Granodiorit dapat digunakan untuk pengeras jalan, pondasi, dan lain-lain. Granodiorit banyak terdapat di alam dalam bentuk batolit, stock, sill dan retas yang tersebar di Bukit Barisan, Sumatera.

Diorit


Diorit adalah batuan salah satu contoh batuan beku yang berasal dari magma yang membeku saat belum keluar sampai ke permukaan bumi

Ciri Dari batuan Diorit adalah  mineralnya berbutir kasar hingga sedang, warnanya agak gelap. Diorit merupakan batuan yang banyak terdapat di alam.

Fungsi batuan Diorit adalah digunakan untuk pengeras jalan, pondasi, dan lain-lain.

Andesit


Andesit adalah batuan leleran dari diorit,
Ciri dari betuan Andesit adalah mineralnya berbutir halus, komposisi mineralnya sama dengan diorit, warnanya kelabu.

Fungsi batuan andesit adalah untuk pengeras jalan, pondasi, bendungan, konstruksi beton, dan lain-lain. Adapun yang berstruktur lembaran banyak digunakan sebagai batu tempel.

Basal


Baruan Basal punya ciri berwarna gelap, berat, kaya akan besi dan sedikit akan kandungan mineral silika batuan vulkanik, yang biasanya membentuk lempeng samudera di dunia. Mempunyai ukuran butir yang sangat baik sehingga kehadiran mineral mineral tidak terlihat. Mineral-mineral ini hanya dapat terlihat pada jenis batuan basalt yang berukuran butir kuarsa, yaitu jenis dari batuan basalt yang bernama gabbro.


Batukaca


Batukaca adalah batuan yang tidak mempunyai susunan dan bangun kristal (metamorf). Batukaca ini terbentuk dari lava yang membeku secara tiba-tiba, dan banyak terdapat di sekitar gunungapi.Ciri dari batuan batukaca adlaah pada umumnya berwarna coklat, kelabu, kehitaman atau tidak berwarna (putih seperti kaca). 

Fungsi batuan batukaca adalah menjadi campuran semen, dapat dibuat granit buatan. Di zaman purba, batuan ini banyak digunakan untuk membuat mata lembing, mata panah, dan lain-lain. 


Gabro


Batuan in merupakan salah satu batuan beku. Ciri dari Batuan gabro berwarna gelap kehijauan, menunjukkan kandungan silika rendah sehingga magma asal bersifat basa. Struktur batuan ini adalah massive, tidak terdapat rongga atau lubang udara maupun retakan-retakan'

Sekian penjelasan tentang contoh batuan beku

Ditulis oleh: TS Jasa Vote Google Plus Updated at : 23:30